Cara Menanam Cabe Rawit di Polybag

Gambar Cabe Rawit Hijau

Saat ini, banyak sekali orang yang sedang belajar berkebun. Bahkan jika Anda join ke grup belajar berkebun di Facebook, ada ratusan ribu member yang saling berbagi ilmu serta informasi dalam berkebun.

Gambar Cabe Rawit Merah
Gambar Cabe Rawit Merah

Bagi para senior atau orang yang sudah lama suka dengan bercocok tanam, hobi berkebun merupakan hal yang gampang dan juga menyenangkan. Ada perasaan bangga dan bahagia tersendiri jika tumbuhan yang kita rawat sejak kecil tumbuh dan besar hingga berbuah.

Akan tetapi, hal tersebut akan terasa sulit bagi para pemula yang baru belajar bercocok tanam. Terkadang, banyak kendala yang dialami oleh para pemula yang sulit mereka selesaikan. Sebenarnya berkebun bukanlah sesuatu yang sulit, asalkan mau dan berkeinginan pasti bisa.

Jika Anda merasa kesulitan, Anda bisa mencari permasalahan yang Anda rasakan di Google jika Anda malu bertanya dengan teman Anda. Anda juga bisa bergabung ke grup belajar berkebun di Facebook.

Gambar Cabe Rawit Hijau
Gambar Cabe Rawit Hijau

Bagi Anda para pemula yang belum pernah memiliki pengalaman dalam bercocok tanam, Anda dapat memulai belajar menanam tanaman yang paling mudah untuk ditanam. Contohnya adalah tanaman sayuran dedauan seperti kangkung atau bayam. Kangkung dan bayam merupakan contoh jenis tanaman yang sangat mudah untuk tumbuh, sangat mudah dirawat, dan juga cepat mendapatkan hasilnya (cepat dipanen).

Selain kedua tanaman di atas, Anda juga dapat mencoba untuk menanam cabe rawit. Menanam cabe rawit sama mudahnya dengan menanam kangkung dan bayam, kemungkinan gagalnya sangat kecil.

Cabe kathur (nama lain cabe rawit) sangat populer di berbagai negara di Asia Tenggara, termasuk di negara Indonesia ini. Kepopuleran cabe rawit inilah yang membuat para petani di Indonesia banyak yang memilih usaha budidaya cabe rawit.

Gambar Cabe Rawit Hibrida Terbaru
Gambar Cabe Rawit Hibrida Terbaru

Semakin banyak yang menanam, semakin banyak inovasi-inovasi dilakukan dalam menanam cabe rawit, salah satunya adalah dengan cara menggunakan media tanam polybag. Bahkan cara menanam cabe rawit di polybag lebih mudah jika dibandingkan dengan menanam cabe rawit di halaman rumah. Anda akan lebih menghemat modal dan juga tempat. Berikut ini adalah tata cara menanam pohon cabe rawit.

Cara Menanam Cabe Rawit di Polybag yang Baik dan Benar

Sebelum memulai menanam cabe rawit di polybag, Anda harus menyiapkan langkah-langkah yang sudah kami rangkum di bawah ini.

1. Cara Menyeleksi Biji Cabe Rawit

Cara menyeleksi biji cabe rawit cukup mudah, rendam biji rawit menggunakan air hangat sekitar 30-60 menit. Ambil biji cabai yang tenggelam untuk dijadikan benih.

2. Cara Menyemai Biji Cabe Rawit

Setelah menyeleksi biji, semai biji untuk mendapatkan bibit cabe rawit dengan kualitas terbaik. Cara menyemai biji cabe rawit menjadi bibit juga sangat mudah, Anda hanya perlu menyiapkan wadah/tempat seperti tray/baki, gelas plastik bekas, petakan tanah, atau dapat juga menggunakan polybag mini.

Gunakan media semai berupa top soil (tanah bagian atas) yang memiliki campuran tanah dan juga pupuk kandang (kompos) dengan perbandingan 1:1, yang perlu diingat Anda harus menghaluskan pupuk kandang tersebut dengan cara diayak. Tujuan dari menghaluskan pupuk kompos tersebut adalah agar akar biji cabe rawit yang masih halus dan lembut bisa menembus tanah dan juga dapat menyerap unsur hara lebih banyak.

Kami sarankan untuk menyemai biji menggunakan gelas plastik/polybag, karena prosesnya sangat mudah sekali.

Cukup gunakan media tanam tanah yang sudah dicampur ke arang sekam dengan perbandingan 1:1 hingga 3/4 gelas/polybag. Beri sedikit lubang di tengah gelas atau polybag.

3. Cara Menanam Cabe Rawit di Polybag

Pada prinsipnya, menanam cabe rawit dimana saja caranya sama. Akan tetapi jika kita ingin menanam cabe rawit di polybag, Anda harus menambahkan arang sekam kira-kira sebanyak 50% dari media tanah. Setelah itu Anda cukup memindahkan bibit cabe rawit dari media semai ke polybag yang sudah disiapkan.

4. Cara Merawat Tanaman Cabe Rawit

Setelah cabe rawit selesai ditanam, langkah yang harus Anda lakukan adalah merawat atau memelihara cabe rawit dengan baik. Anda cukup menyiram cabe rawit dengan rutin, kira-kira sekitar 3 hari sekali atau setiap hari saat sedang musim kemarau.

Anda juga harus memetik daun anakan cabe rawit yang tumbuh dari ketiak daun paling bawah, agar tanaman cabe rawit nanti tidak tumbuh ke arah samping.

Tancapkan juga batang bambu di samping tanaman cabe rawit dengan jarak 8-11 cm, dengan kedalaman sekitar 25 – 30 cm. Lakukan langkah ini jika tanaman cabe rawit Anda sudah memiliki tinggi sekitar 20 cm.

Jangan lupa memberikan pupuk organik (pupuk NPK) selama 2 bulan setiap 2 minggu sekali. Setelah 2 bulan, Anda cukup memberi pupuk sebulan sekali.

Nah, mudah bukan menanam cabe rawit di polybag? Setelah Anda mengetahui langkah-langkah dalam menanam cabe rawit, Anda dapat mencoba budidaya tanaman cabe rawit di rumah. Siapa tahu bisa menjadi jalan rezeki Anda 😀

Demikian artikel tentang cara menanam cabe rawit ini, jangan lupa baca juga artikel tentang cara menanam cabe rawit dari biji. Semoga bermanfaat untuk Anda.

2 Replies to “Cara Menanam Cabe Rawit di Polybag”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *