Cara Menanam Jeruk Nipis

Gambar Tanaman Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan salah satu keluarga suku jeruk-jerukan yang sangat terkenal dan tersebar di seluruh penjuru dunia, karena memiliki ciri khas yang unik dan juga beragam manfaat. Hampir semua bagian buahnya memiliki manfaat seperti daunnya, kulitnya dan juga buahnya.

Gambar Jeruk Nipis
Gambar Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki bentuk buah yang bulat seperti telur, dan memiliki warna hijau hingga kuning. Di dalam kulit buah jeruk nipis terdapat minyak atsiri, yang biasanya digunakan sebagai bibit minyak wangi.

Daging buah jeruk nipis memiliki warna putih kehijauan, dan mengandung banyak sekali vitamin C. Jika dicicipi langsung, rasanya sangat asam karena memiliki banyak asam sitrat.

Buah jeruk nipis memiliki beragam manfaat, yaitu dapat dibuat minuman, penyedap masakan, obat batuk, mencuci rambut, dan juga menghilangkan karatan.

Tanaman yang memiliki nama latin Citrus aurantiifolia ini sangat mudah dikembangbiakkan karena dapat tumbuh di berbagai macam jenis tanah.

Budidaya jeruk nipis dapat dilakukan untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumah yang mendapat banyak sinar matahari. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk budidaya jeruk nipis yang dapat Anda coba.

Gambar Pohon Jeruk Nipis
Gambar Pohon Jeruk Nipis

Pembibitan Jeruk Nipis

Jeruk nipis dapat ditanam dengan 3 cara yakni vegetative, generative, dan gabungan keduanya. Cara pembibitan jeruk nipis secara generative adalah dengan biji jeruk nipis yang sudah tua. Biji tersebut dikeringkan dengan cara diangin-anginkan kemudian disemaikan. Cara ini memiliki kekurangan yakni pohon jeruk nipis akan berbuah dalam waktu yang lama yakni sekitar 5 tahun. Tetapi cara ini akan memberikan batang tanaman yang lebih kokoh dan besar.

Sementara itu cara vegetative dilakukan dengan mencangkok ranting atau cabang tanaman  kemudian menanamnya di lahan. Pilih cabang yang sudah berumur sedang. Kuliti cabang sekitar 5- 10 cm. Kerat bagian cambium sampai bersih dan diamkan selama 1 hari. Kemudian tutup bagian tadi dengan tanah. Bungkus dengan sabut kelapa dan ikat rapat. Sirami bagian yang ditutupi dengan sabut kelapa tersebut setiap hari. Jika akar sudah tumbuh banyak, potonglah cabang yang dicangkok kemudian tanam di lahan. Cara ini akan membuat tanaman baru lebih cepat berbuah.

Gambar Buah Jeruk Nipis
Gambar Buah Jeruk Nipis

Penanaman Bibit Jeruk Nipus

Lahan sebaiknya sudah diolah sebelum melakukan proses penanaman. Pastikan lahan subur dan bebas dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya. Buat lubang untuk menanam berukuran 80 x 80 x 80 cm. Diamkan lubang tersebut selama 4 minggu. Masukkan pupuk kompos sekitar 20 kg untuk tiap lubang tanam. Tunggu selama sekitar 1 minggu. Bibit pun siap ditanam. Jarak antar tanaman dapat dibuat 5 x 5 meter.

Perawatan Tanaman Jeruk Nipis

Jika lahan yang digunakan untuk menanam jeruk nipis tidak terlalu subur, pemupukan dapat dilakukan secara teratur dan berkelanjutan setiap 2-3 bulan dengan pupuk kompos. Anda juga bisa menggunakan pupuk TSP, Urea, KCL, dan pupuk lainnya. Untuk lahan penanaman yang tergolong subur, pemupukan lanjutan bisa dilakukan ketika tanaman sudah berusia sekitar 4 tahun.

Gulma juga harus disangi secara rutin agar tanaman jeruk nipis tidak terganggu pertumbuhannya. Jika pohon sudah berbunga dan berbuah, Anda perlu menyiraminya secara teratur. Anda dapat membuat lubang di sekutar pohon dengan kedalaman antara 10-15 cm dan jarak 40 – 50 cm dari pohon. Anda dapat menuangkan air ke lubang tersebut untuk tanaman jeruk.

Pemangkasan juga perlu dilakukan supaya tanaman memiliki bentuk simetris. Cara ini akan membuat tanaman dapat menyerap sinar matahari secara optimal dan mengendalikan serangan hama maupun penyakit. Potong batang tanaman yang sudah memiliki tinggi sekitar 60 cm. Nanti, batang tersebut akan menumbuhkan tunas baru. Untuk dijadikan sebagai batang utama, pilih sekitar 3 atau 4 tunas dan buang tunas lainnya.

Gambar Tanaman Jeruk Nipis
Gambar Tanaman Jeruk Nipis

Pemanenan Jeruk Nipis

Biasanya tanaman jeruk akan mulai berbuah saat berumur 3 tahun dan jumlahnya masih sedikit. Pada saat 6 – 15 tahun, tanaman dapat menghasilkan buah yang lebih banyak. Buah yang dihasilkan di umur tersebut dapat mencapai 6-15 kg per tahun. Jeruk nipis siap panen memiliki ciri khas berwarna hijau kekuningan dan tidak terlalu keras di bagian bawah saat ditekan.

Demikianlah cara menanam Jeruk nipis yang dapat kami sampaikan, pastikan terlebih dahulu sebelum Anda menanam jeruk nipis ini, untuk mengecek kondisi area lahan tanam agar lebih maksimal hasil buahnya kelak, dan pastikan juga untuk memulai bertanam pada kondisi cuaca yang baik sesuai dengan karakter dari jeruk nipis.

Pencarian terbaru:

  • agar pohon jeruk nipis cepat berbunga
  • cara menanam jeruk nipis dan perawatanya
  • cara menanam jeruk nipis dari batang
  • cara menanam jeruk nipis siap tanam
  • ciri jeruk nipis berbuah
  • jarak tanam jeruk nipis
  • jeruk nipis
  • pohon jeruk nipis
  • satu tanaman jeruk nipis dapat menghasilkan sekitar 50-80 buah setiap berapa tahun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *