Cara Menanam Pohon Mangga Agar Tidak Tinggi

Pendahuluan

Hai pembaca yang bersemangat, apa kabar? Pasti ingin tahu bagaimana cara menanam pohon mangga agar tidak tinggi bukan? Pohon mangga memang menjadi salah satu tanaman favorit untuk ditanam di lahan yang luas dan teduh. Selain buahnya yang lezat, pohon mangga juga bisa dijadikan peneduh. Namun, jika ditanam terlalu tinggi, bisa saja susah untuk memanen buahnya. Oleh karena itu, kami telah merangkum 12 langkah mudah untuk menanam pohon mangga agar tidak tinggi. Yuk kita simak bersama!

Langkah-langkah

1. Memilih Bibit yang Tepat

Pemilihan bibit yang tepat adalah kunci sukses dalam menanam pohon mangga agar tidak tinggi. Pastikan bibit yang dipilih memiliki kualitas yang baik, bebas dari hama dan penyakit. Perhatikan juga jenis mangga yang akan ditanam, pastikan bisa tumbuh dengan baik di daerahmu.

2. Mempersiapkan Lokasi yang Tepat

Pastikan lokasi yang Dipilih untuk menanam pohon mangga memiliki akses air yang cukup dan mampu menyimpan nutrisi dengan baik. Pilih tanah yang subur dan memiliki ketinggian ideal.

3. Menyediakan Peralatan yang Tepat

Sebelum menanam pohon mangga, pastikan sudah menyediakan peralatan yang tepat seperti cangkul, sekop, pupuk organik, dan pertanian. Hal ini akan mempermudah proses penanaman.

4. Membuat Lubang Tanam dengan Ukuran yang Tepat

Membuat lubang tanam dengan ukuran yang tepat sangat penting dalam menanam pohon mangga. Hal ini akan menentukan pertumbuhan dan kualitas buah yang akan dihasilkan.

5. Memasang Tongkat Penyangga

Memasang tongkat penyangga pada bibit sejak awal sangatlah penting untuk membantu perkembangan akar pohon. Hal ini juga akan membantu pohon mangga agar tidak tumbuh terlalu tinggi.

6. Memberikan Pupuk Organik

Memberikan pupuk organik secara teratur akan menambah kesuburan tanah dan membantu pohon mangga tumbuh dengan baik. Sebaiknya memberikan pupuk organik setiap tiga bulan sekali dengan dosis yang tepat.

7. Menyiapkan Irigasi yang Cukup

Pohon mangga membutuhkan kelembaban yang cukup untuk tumbuh dengan baik, pastikan menyediakan irigasi seperti sumur bor atau penampungan air yang cukup dan konsisten.

8. Sering Memangkas Pohon

Memangkas pohon secara teratur akan membantu pohon mangga agar tidak tumbuh terlalu tinggi. Hal ini juga akan menambah produktivitas pohon dan menghindari pertumbuhan yang tidak diinginkan.

9. Mengontrol Hama dan Penyakit

Mengontrol hama dan penyakit yang menyerang pohon mangga sangatlah penting agar pertumbuhan pohon tidak mudah terganggu. Pastikan memelihara pohon mangga secara teratur dan membuang daun yang sudah mati.

10. Menyemaikan Benih Mangga

Menyemaikan benih mangga adalah metode alternatif bagi yang tidak ingin membeli bibit. Pastikan mangga yang dipilih adalah mangga unggul yang memiliki kualitas baik.

11. Menjaga Tanaman dengan Baik

Menjaga tanaman dengan baik sangatlah penting agar pohon mangga tidak tumbuh terlalu tinggi. Pastikan memelihara tanaman secara teratur dan memperhatikan kelembaban tanah serta cahaya yang diperlukan oleh pohon mangga.

12. Menjaga Kebersihan Sepanjang Masa

Menjaga kebersihan area sekitar pohon mangga adalah hal penting untuk meminimalisir gangguan dan mengikuti prosedur kesehatan dalam menanam pohon mangga.

Penjelasan dan Tips

Dalam menanam pohon mangga agar tidak tinggi, beberapa hal penting harus diperhatikan. Pemilihan bibit, lokasi yang tepat dan penyediaan peralatan yang tepat sangatlah penting. Selain itu, memasang tongkat penyangga, memberikan pupuk organik secara teratur, menyediakan irigasi yang cukup, serta menjaga kebersihan area sekitar adalah hal penting. Memangkas pohon secara teratur dan mengontrol hama dan penyakit akan membantu pohon mangga tumbuh dengan baik. Terakhir, menyemaikan benih mangga bisa menjadi pilihan alternatif bagi yang tidak ingin membeli bibit.

Tips dan Trik

  • Pilih bibit yang berkualitas
  • Periksa dan persiapkan lokasi sebelum menanam
  • Masukkan tongkat penyangga pada bibit
  • Menyediakan pupuk organik secara teratur
  • Menyediakan irigasi yang cukup dan konsisten
  • Memangkas pohon secara teratur
  • Mengontrol hama dan penyakit
  • Menjaga kebersihan area sekitar pohon mangga
  • Menyemaikan benih mangga
  • Perhatikan kelembaban, kebersihan, dan cahaya yang diperlukan oleh pohon mangga agar tidak tumbuh terlalu tinggi

Cara Menanam Pohon Mangga Agar Tidak Tinggi

Kelebihan

Menanam pohon mangga memang bisa menghasilkan buah yang lezat dan bergizi. Namun, jika pohon mangga tumbuh terlalu tinggi, maka sulit untuk mengambil buah yang ada di cabang-cabang pohon. Oleh karena itu, ada beberapa cara untuk menanam pohon mangga agar tidak terlalu tinggi.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memilih varietas pohon mangga yang memiliki tinggi pohon yang relatif pendek, seperti varietas ‘Harumanis’. Selain itu, pohon mangga juga bisa dipangkas secara berkala untuk menjaga agar tetap memiliki ketinggian yang ideal.

Menggunakan teknik pelatihan cabang dan pengikatan juga bisa membantu mengontrol pertumbuhan pohon mangga agar tidak terlalu tinggi. Teknik ini melibatkan pengikatan cabang-cabang pohon ke arah horisontal dan membuang cabang-cabang yang tumbuh ke atas.

Kekurangan

Menanam pohon mangga agar tidak terlalu tinggi memang memiliki beberapa kelebihan, seperti kemudahan dalam mengambil buah dan menjaganya tetap mudah untuk dipelihara. Namun, ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan.

Salah satunya adalah risiko terjadinya penyakit dan kerusakan pada pohon mangga. Ketika pohon mangga dipangkas terlalu banyak atau terlalu sering, maka proses photosynthesis atau fotosintesis akan terganggu. Akibatnya, cabang-cabang pohon akan menjadi lebih rapuh dan mudah patah, serta rentan terhadap serangan hama dan penyakit.

Selain itu, memangkas pohon mangga juga bisa menghambat pertumbuhannya. Jika salah dalam mempraktikkan teknik pelatihan cabang dan pengikatan, maka pohon mangga bisa tertekan dan menghasilkan buah yang lebih kecil. Oleh karena itu, perlu hati-hati dalam memilih teknik yang tepat agar kekurangannya tidak bertambah.

FAQ

1. Apakah mangga bisa ditanam di pekarangan rumah yang kecil?

Ya, mangga bisa ditanam di pekarangan rumah kecil asalkan disesuaikan dengan varietas mangga yang memiliki ukuran dan tinggi yang lebih kecil.

2. Bagaimana cara menanam pohon mangga yang tidak terlalu tinggi?

Gunakan varietas mangga yang memiliki ciri-ciri tidak terlalu tinggi, atau melakukan teknik pemotongan cabang pada pohon mangga setiap tahun secara teratur.

3. Apa itu teknik pemotongan cabang pada pohon mangga?

Teknik pemotongan cabang pada pohon mangga adalah cara untuk mengatur dan mengendalikan pertumbuhan pohon mangga dengan memangkas cabang yang tumbuh terlalu tinggi atau tidak teratur.

4. Kapan waktu yang tepat untuk melakukan pemotongan cabang pada pohon mangga?

Waktu yang tepat untuk melakukan pemotongan cabang pada pohon mangga adalah pada akhir musim penggembalaan di musim semi atau awal musim hujan.

5. Apakah pemotongan cabang berpengaruh pada kualitas mangga?

Tidak, pemotongan cabang tidak berpengaruh pada kualitas mangga, namun berpengaruh pada produksi dan bentuk pohon mangga itu sendiri.

6. Apakah pupuk yang digunakan untuk menanam pohon mangga dapat mempengaruhi pertumbuhan tinggi pohon?

Iya, pemakaian pupuk yang berlebihan dapat mempengaruhi pertumbuhan tinggi pohon mangga.

7. Bagaimana cara memilih pupuk yang baik untuk menanam pohon mangga?

Pilih pupuk yang kandungannya disesuaikan dengan kebutuhan tanaman mangga, seperti pupuk Nitrogen, Fosfor, dan Kalium.

8. Apakah pemilihan media tanam juga berpengaruh pada pertumbuhan pohon mangga?

Ya, pemilihan media tanam yang sesuai dengan karakteristik tanaman mangga dapat mempengaruhi pertumbuhan pohon mangga.

9. Apakah penyiraman yang terlalu banyak dapat mempengaruhi tinggi pohon mangga?

Iya, penyiraman yang terlalu banyak dapat mempengaruhi tinggi pohon mangga karena dapat menyebabkan akar tidak dapat menyerap nutrisi dengan optimal.

10. Apakah penyiraman yang tidak cukup dapat mempengaruhi tinggi pohon mangga?

Iya, penyiraman yang tidak cukup dapat mempengaruhi tinggi pohon mangga karena dapat menghambat pertumbuhan akar dan pertumbuhan batang pohon mangga.

11. Apakah pemberian pestisida dapat mempengaruhi tinggi pohon mangga?

Tidak, pemberian pestisida tidak berpengaruh pada tinggi pohon mangga, namun berpengaruh pada kesehatan dan perkembangan buah mangga.

12. Bagaimana cara merawat pohon mangga agar buah mangga tidak terlalu kecil?

Merawat pohon mangga dengan memberikan pupuk, menjaga kelembapan tanah, dan melakukan pemangkasan cabang dapat mempengaruhi kualitas dan ukuran buah mangga yang dihasilkan.

13. Apa yang harus dilakukan jika pohon mangga terlalu tinggi?

Jika pohon mangga terlalu tinggi, lakukan pemotongan cabang secara teratur untuk mengontrol pertumbuhan pohon mangga. Jika terlalu tinggi dan sulit dicapai, gunakan bantuan tangga atau peralatan lainnya untuk memudahkan pemotongan cabang.

Kesimpulan

Menanam pohon mangga dengan tujuan menghasilkan buah yang lezat dan sehat dapat dilakukan dengan memperhatikan cara menanam yang tepat. Agar pohon mangga yang kita tanam tidak terlalu tinggi, kita perlu memperhatikan beberapa faktor seperti varietas pohon, pemangkasan, pemilihan lokasi tanam, dan penggunaan pupuk yang tepat.

Sebagai langkah awal, kita perlu memilih varietas pohon mangga yang tidak terlalu besar, seperti Arumanis, Golek, atau Cengkir. Selain itu, kita perlu memperhatikan pemilihan lokasi tanam yang terbuka agar pohon dapat tumbuh subur dan tidak terlalu tinggi. Pohon mangga juga perlu dipangkas secara rutin agar pertumbuhannya tetap terkontrol.

Terakhir, penggunaan pupuk yang tepat juga dapat membantu mengendalikan pertumbuhan pohon mangga. Pupuk organik atau pupuk kimia yang mengandung unsur nitrogen dapat mempercepat pertumbuhan pohon mangga. Namun, penggunaannya perlu disesuaikan dengan dosis yang tepat agar tidak terlalu berlebihan dan menyebabkan pertumbuhan pohon yang tidak terkendali.

Penutup

Demikianlah beberapa cara menanam pohon mangga agar tidak terlalu tinggi yang dapat kita lakukan. Dengan memperhatikan varietas pohon, pemangkasan, pemilihan lokasi tanam, dan penggunaan pupuk yang tepat, kita dapat menanam pohon mangga yang sehat dan menghasilkan buah lezat. Yuk, coba tanam pohon mangga di halaman rumah atau di kebun kita dengan cara yang tepat.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya, semoga bermanfaat!