Cara Menanam Sweet Pea dari Biji

Selamat datang pembaca setia! Pada kesempatan ini, kami akan membahas mengenai tanaman yang bernama sweet pea, melalui artikel yang berjudul “Cara Menanam Sweet Pea dari Biji”. Sweet pea adalah salah satu tanaman hias yang terkenal akan keindahan bunganya dan aroma yang khas. Kebanyakan orang mengenal sweet pea sebagai bunga penghias di taman atau dipakai sebagai bunga potong dalam rangkaian bunga. Tanaman ini sering juga digunakan untuk memberi nuansa yang lebih indah dalam pembuatan lapangan hijau. Namun, tahukah Anda bahwa menanam sweet pea dari biji tidaklah sulit? Nah, yuk simak langkah-langkahnya!

Langkah-Langkah

1. Persiapan Tanah

Persiapan tanah sangat penting dalam menanam sweet pea, Anda bisa menyiapkan tanah dengan cara membersihkannya terlebih dahulu dari batu atau bebatuan dan tanaman liar. Setelah membersihkan tanah, tambahkan pupuk kandang atau kompos, lalu olah tanah tersebut sekitar 2 minggu sebelum penanaman dilakukan.

2. Pemilihan Biji

Pastikan biji yang akan ditanam dalam kondisi segar dan tidak cacat, karena biji yang cacat biasanya tidak akan tumbuh dengan baik. Biji sweet pea dapat dibeli di toko pertanian atau toko hobi tanaman.

3. Perendaman Biji

Agar biji sweet pea cepat berkecambah, rendam biji dalam air selama semalam sebelum penanaman.

4. Penanaman Biji

Buat lubang sekitar 2,5 cm dengan kedalaman sekitar 5 cm di tanah dan letakkan biji sweet pea ke dalam lubang tersebut. Tutup kembali lubang tersebut dengan sedikit tanah.

5. Penyiraman Tanaman

Setelah penanaman, siram tanaman hingga tanahnya terlihat basah, namun jangan terlalu banyak untuk menghindari tanah menjadi lumpur atau ancaman busuk akar.

6. Penempatan Tanaman

Penempatan tanaman dapat ditentukan sesuai dengan kebutuhan tanaman, biasanya disarankan untuk menanam 2-3 biji dalam 1 lubang dengan jarak sekitar 15 cm di antara lubang.

7. Pemberian Pupuk

Untuk mempercepat pertumbuhan dan perkembangan tanaman, Anda bisa memberikan pupuk tambahan pada sweet pea sekitar 3-4 minggu setelah penanaman. Penggunaan pupuk organik lebih disarankan daripada pupuk kimia.

8. Perawatan Tanaman

Sweet pea membutuhkan perawatan yang baik agar tumbuh dengan sehat dan subur. Rajin membersihkan rumput liar dan menghilangkan cabang atau batang yang tidak diperlukan demi memaksimalkan pertumbuhan sweet pea.

9. Penyiraman dan Pemupukan di Musim Kemarau

Penyiraman dan pemupukan diperlukan pada musim kemarau. Pastikan suplai air yang cukup dan berikan upaya pemupukan agar sweet pea tidak kekurangan nutrisi selama masa pertumbuhan.

10. Pemangkasan Tanaman

Sweet pea dapat berkembang secara luas jika dibiarkan tanpa pemangkasan, namun Anda bisa memangkas tanaman agar lebih compact, rapi, dan bunga lebih terjaga dari kerontokan.

11. Pemilihan Tempat yang Tepat

Pemilihan lokasi dengan tingkat sinar matahari yang tepat sangat berpengaruh dalam pertumbuhan bunga. Sweet pea lebih membutuhkan tanah yang terkena sinar matahari berlebih dibandingkan dengan diselimuti bayangan.

12. Mengganti Tanaman Lama

Sweet pea merupakan tanaman tahunan yang akan kembali tumbuh pada musim yang sama pada tahun berikutnya. Namun, disarankan untuk menanam kembali dari awal setiap tahunnya, karena tanaman lama biasanya tidak produktif kembali.

Tips dan Trik

1. Pemberian Air dan Pupuk yang Secara Teratur

Untuk mempertahankan kondisi tanah yang optimal, pemberian air dan pupuk perlu dilakukan secara teratur sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

2. Menjaga Kebersihan Tanaman

Menjaga kebersihan tanaman sangat penting agar tanaman tidak terkena hama atau penyakit yang dapat menghancurkan keindahan sweet pea.

3. Nota Tanaman

Catat waktu tanam dan jenis pupuk apa yang digunakan saat menanam sweet pea. Dengan demikian Anda bisa mempersiapkan dan mengingat jadwal penyiraman dan pemupukan untuk sweet pea.

4. Mempertahankan Kondisi Tanah

Mempertahankan kondisi tanah adalah faktor penting. Tanah yang terlalu basah atau terlalu kering dapat menghentikan pertumbuhan atau bahkan menimbulkan kerusakan pada akar dan menjadikan tanaman mati.

5. Pemilihan Lokasi yang Tepat

Pastikan tanah yang digunakan untuk menanam sweet pea tidak berada di tempat yang rawan terkena hama, serangan penyakit atau terkena terik matahari secara terus menerus.

6. Memilih Varietas yang Tepat

Ada berbagai variasi dari sweet pea, mulai dari berukuran kecil hingga besar, warna yang berbeda dan aroma yang khas. Pilihlah varietas yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda.

7. Penyimpanan Biji Sweet Pea

Anda bisa menyimpan biji sweet pea di tempat yang kering dan tidak terkena sinar matahari langsung. Biji yang disimpan dengan baik akan bertahan selama 3-4 tahun.

8. Perawatan Tanaman Pasca Hari Hujan

Sweet pea rentan terhadap gangguan seperti jamur dan penyakit setelah hari hujan berkepanjangan, jadi pastikan untuk melakukan saniterisasi secara teratur dan menghilangkan daun yang layu.

9. Memberikan Penyangga

Sweet pea terkenal akan kemampuan membentuk ramat sumpit, sehingga jenis tanaman ini membutuhkan penyangga untuk menjaga keindahan dari tumbuhannya.

10. Pendampingan dengan Tanaman Lain

Sweet pea cocok ditanam bersama dengan tanaman lain seperti bunga daisy, dahlia, marigold, dan berbagai jenis bunga lainnya. Serasi dan pemilihan warna bunga menjadi kunci penting dalam hal ini.

Demikianlah artikel yang berjudul “Cara Menanam Sweet Pea dari Biji” yang kami suguhkan. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin menanam sweet pea di rumah atau taman. Selamat mencoba!

Cara Menanam Sweet Pea dari Biji: Kelebihan dan Kekurangan

Sweet pea adalah tanaman bunga yang sangat populer di kalangan pecinta tanaman. Bunga itu sendiri dikenal karena keindahan dan aroma yang memikat. Ada berbagai cara untuk menanam sweet pea, salah satunya adalah menumbuhkannya dari biji. Di dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai cara menanam sweet pea dari biji dan kelebihan serta kekurangan dari menumbuhkan tanaman ini dari biji.

Kelebihan Menanam Sweet Pea dari Biji

Menanam sweet pea dari biji memiliki beberapa kelebihan yaitu:

Kelebihan Penjelasan
Biaya Murah Membeli seedling jauh lebih mahal daripada membeli benih. Jenis bunga ini cocok untuk mereka yang ingin memiliki bunga yang indah tanpa mengeluarkan banyak uang.
Banyak Pilihan Varietas Menanam dari biji memungkinkan Anda untuk memilih dari berbagai macam varietas sweet pea. Anda dapat memilih warna, ukuran dan aroma yang sesuai dengan selera dan kebutuhan.
Kemungkinan Menanam dalam Penanaman Massal Jika Anda ingin tanaman sweet pea di kebun atau lahan yang cukup luas maka, menanam dari benih bisa memberikan jalan untuk penanaman massal. Jika dilakukan dengan benar, bunga ini akan meramaikan tampilan kebun.

Kekurangan Menanam Sweet Pea dari Biji

Menanam sweet pea dari biji juga memiliki beberapa kekurangan yaitu:

Kekurangan Penjelasan
Memerlukan Lebih Banyak Waktu Menanam tanaman dari biji memerlukan waktu lebih lama untuk melihat hasil dibandingkan menanam dari seedling. Anda harus sabar untuk menunggu bibit tumbuh menjadi tanaman dewasa yang berbunga.
Memerlukan Perawatan Khusus Biji harus direndam terlebih dahulu hingga lebih lunak dan dapat tumbuh menjadi tanaman. Selain itu, Anda juga harus memberikan perawatan yang cukup, seperti penyiraman dan pemupukan agar tanaman dapat tumbuh dengan baik.
Memerlukan Tempat yang Sesuai Sweet pea membutuhkan tempat yang sesuai untuk tumbuh dengan baik. Pencahayaan yang cukup, drainase, dan tanah yang subur sangat penting untuk menumbuhkan bibit menjadi tanaman yang sehat.

Dalam kesimpulannya, menanam sweet pea dari biji memerlukan waktu dan dedikasi yang cukup, namun memberikan pilihan yang lebih luas dalam hal jenis varietas yang tersedia dan biayanya yang lebih murah. Jika Anda mencari tanaman bunga yang indah dan aromatik tanpa mengeluarkan banyak biaya, sweet pea dari biji bisa menjadi pilihan yang tepat.

FAQ

1. Apa itu sweet pea?

Sweet pea adalah bunga yang memiliki aroma khas dan cantik dipandang. Biasanya, sebagian besar orang menanam sweet pea untuk dijadikan dekorasi ruangan atau sebagai hadiah yang berkesan.

2. Dapatkah sweet pea tumbuh di Indonesia?

Tentu saja! Sweet pea dapat tumbuh dengan baik di Indonesia meskipun berkembang dari negara yang memiliki empat musim cenderung lebih dingin. Namun, perlu diingat bahwa sweet pea memerlukan beberapa kondisi khusus agar dapat tumbuh dengan baik di Indonesia.

3. Kapan waktu terbaik untuk menanam sweet pea dari biji?

Waktu terbaik untuk menanam biji sweet pea adalah pada musim semi dan awal musim panas. Pada saat ini, tanah akan sedikit lembab serta memiliki suhu yang ideal bagi pertumbuhan sweet pea.

4. Bagaimana cara menanam sweet pea dari biji?

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Rendam biji sweet pea selama 24 jam
  2. Tanam biji pada pot atau tempat tanam yang telah disiapkan
  3. Siram dengan air secukupnya agar tanah tetap lembab

Itulah langkah-langkah yang perlu dilakukan ketika ingin menanam sweet pea dari biji.

5. Bagaimana cara merawat sweet pea setelah ditanam?

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk merawat sweet pea antara lain:

  • Siram dengan air secukupnya
  • Tambahkan pupuk setiap satu minggu sekali
  • Pangkas daun atau ranting yang sudah tidak diperlukan

Perawatan yang tepat akan membuat sweet pea tumbuh subur dan berbunga indah.

6. Apakah sweet pea memerlukan banyak sinar matahari?

Ya, sebaiknya menempatkan sweet pea di tempat yang terkena sinar matahari langsung selama minimal 6 jam sehari untuk pertumbuhan dan pembungaan yang optimal.

7. Bisakah sweet pea ditanam di pot?

Tentu saja, sweet pea bisa ditanam di pot. Namun, perlu memperhatikan beberapa hal seperti pemilihan pot yang cukup besar untuk pertumbuhan yang maksimal dan menyediakan tatakan pot agar sirkulasi air dan udara dapat berjalan lancar.

8. Apa jenis tanah yang paling cocok untuk menanam sweet pea?

Tanah yang cocok untuk menanam sweet pea adalah tanah dengan tingkat keasaman yang netral hingga sedikit asam dan memiliki tekstur yang gembur.

9. Bisakah sweet pea ditanam di tanah yang telah diberi pupuk?

Tentu saja, sweet pea bisa ditanam di tanah yang telah diberi pupuk. Namun, pastikan untuk memperhatikan takaran pupuk yang tepat agar tanaman tidak overdosis pupuk.

10. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk biji sweet pea bisa bertunas?

Waktu bertunas biji sweet pea bisa bervariasi, tergantung dari kondisi lingkungan sekitar. Namun, secara umum, waktu bertunas bisa memakan waktu sekitar 2-3 minggu.

11. Apa yang harus dilakukan jika waktu pemupukan terlewat?

Jangan khawatir, tetap lakukan pemupukan sesegera mungkin dengan takaran yang disesuaikan atau bisa memperbanyak penyiraman agar nutrisi tetap terjaga.

12. Apa penyebab sweet pea tidak berbunga?

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan sweet pea tidak berbunga antara lain kekurangan sinar matahari, kurangnya nutrisi dan pupuk, serta perawatan yang tidak tepat.

13. Bisakah sweet pea ditanam secara organik?

Tentu saja, sweet pea bisa ditanam secara organik dengan memperhatikan media tanam, pemupukan organik, serta perawatan yang baik dan alami.

Kesimpulan

Menanam sweet pea dari biji tidak hanya mudah tetapi juga menyenangkan. Ini sangat ideal bagi siapa saja yang ingin menambah keindahan taman mereka dengan tanaman berbunga yang cantik sepanjang musim semi dan musim panas. Semua yang dibutuhkan adalah biji, tanah yang subur dan kondisi cuaca yang baik. Jadi, ayo mulailah menanam sweet pea dari biji dan nikmati keindahan bunga yang indah sepanjang tahun.

Penutup

Demikianlah artikel kami mengenai cara menanam sweet pea dari biji. Kami harap panduan ini dapat membantu anda menikmati hasil dari proses penanaman dan dapat menjadi sumber inspirasi bagi anda yang ingin membuat taman yang cantik. Jangan lupa untuk memilih biji yang berkualitas, memberi perlakuan khusus pada tanah dan menempatkan sweet pea di tempat yang sesuai untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Sampai jumpa di artikel kami berikutnya.