Cara Menanam Tauge untuk Pemula

Pendahuluan

Selamat datang, pembaca setia! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang tanaman yang sangat populer dalam dunia kuliner, yaitu tauge. Tauge merupakan hasil dari perkecambahan biji-bijian, dengan kacang hijau sebagai bahan yang paling sering digunakan. Tauge kaya akan kandungan gizi dan mudah untuk ditanam di rumah. Oleh karena itu, kita akan membahas tentang cara menanam tauge yang mudah dan simple untuk dilakukan di rumah.

Langkah-langkah Menanam Tauge

1. Persiapkan Bahan dan Peralatan

Sebelum memulai menanam tauge, pastikan untuk mempersiapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Bahan yang dibutuhkan terdiri dari kacang hijau, air bersih, dan wadah untuk menampung tauge. Sedangkan perlatan yang perlu disiapkan adalah kain kasa, wadah plastik, dan tusuk gigi. Pastikan juga bahwa semua bahan dan peralatan yang digunakan sudah dalam keadaan bersih dan steril.

2. Rendam Kacang Hijau

Setelah semua bahan dan peralatan siap, saatnya untuk merendam kacang hijau. Cara merendamnya sangat mudah, yaitu dengan mencuci kacang hijau sampai bersih, kemudian rendam selama 8-12 jam. Pastikan juga agar kacang hijau yang direndam tidak terlalu banyak, sehingga nantinya mudah ditata diatas wadah plastik.

3. Tiriskan Kacang Hijau

Setelah direndam selama 8-12 jam, kacang hijau perlu ditiriskan agar tidak tergenang air. Gunakan kain kasa bersih untuk menampung kacang hijau dan memastikan semua air telah tiris.

4. Tata Kacang Hijau di Dalam Wadah

Setelah kacang hijau ditiriskan, tata dengan rapih di atas wadah plastik. Pastikan agar kacang hijau tidak terlalu banyak sehingga nantinya mudah disiram air. Dan jangan lupa untuk membuat lubang-lubang kecil pada wadah plastik agar udara bisa masuk dengan baik.

5. Siram Air pada Kacang Hijau

Setelah kacang hijau ditempatkan di dalam wadah, sekarang saatnya untuk menyiraminya dengan air bersih. Pastikan untuk menyiram secara merata dan tidak terlalu banyak agar kacang hijau tidak tergenang air.

6. Takar Jumlah Air yang Diperlukan

Selanjutnya, takarlah jumlah air yang diperlukan untuk membuat kacang hijau menjadi subur. Perhatikan dengan baik agar jumlah air yang diberikan tidak terlalu banyak atau sedikit sehingga bibit tauge tidak mati.

7. Jaga Kelembaban Area Perkecambahan

Setelah menyiram air ke bibit tauge, pastikan juga untuk menjaga kelembaban area perkecambahan. Semprotkan air pada bibit tauge setidaknya 2-3 kali sehari untuk menjaga agar bibit tauge tetap lembab dan subur.

8. Pindahkan Bibit Tauge ke Tempat yang Tepat

Setelah bibit tauge mulai tampak subur, pindahkan bibit tauge ke tempat yang lebih terbuka sehingga dapat terkena sinar matahari yang cukup dan tanaman bisa tumbuh lebih subur. Pastikan penempatan tempat bibit tauge bisa menyerap sinar matahari secara maksimal.

9. Perhatikan Ketinggian Tempat Penanaman

Perlu diperhatikan juga bahwa ketinggian tempat penanaman harus disesuaikan dengan jumlah air yang diberikan pada bibit tauge. Jika ketinggiannya terlalu rendah, maka terdapat risiko bibit tauge kebanjiran. Sedangkan, jika ketinggiannya terlalu tinggi, air akan sulit masuk ke dalam wadah.

10. Pupuk Bibit Tauge

Memberikan pupuk pada bibit tauge juga diperlukan agar tauge dapat tumbuh subur dan sehat. Berikan pupuk cair pada bibit tauge setiap 2 minggu sekali dan jangan terlalu banyak karena hal itu dapat membuat tanaman mati.

11. Panen Tauge yang Sudah Tumbuh

Setelah bibit tauge berubah menjadi tanaman yang besar, Anda dapat memanen tauge Anda. Cukup lubangi kacang hijau dengan jari atau tusuk gigi untuk memisahkan batang tauge dari kacang hijau. Dan voila! Selamat menikmati tauge yang sehat dan super enak.

12. Cuci Tauge

Setelah dipanen, langkah selanjutnya adalah mencuci tauge dengan cara mencucinya dengan air bersih sampai bersih. Jangan lupa untuk memastikan bahwa semua air yang sudah terkena tauge sudah tertampung di dalam wadah yang diinginkan.

Tips dan Trik Menanam Tauge

1. Gunakan benih kualitas terbaik

Gunakan benih kualitas terbaik dan pastikan benih tersebut tidak rusak atau cacat. Benih kacang hijau yang bagus akan membuat tanaman menjadi subur dan sehat.

2. Rutin menyiram tanaman tauge

Pastikan untuk menyiram tauge secara teratur dan tidak terlalu banyak air karena itu dapat menyebabkan bibit tauge menjadi mati.

3. Cermati kelembaban bibit tauge

Perhatikan kelembaban bibit tauge dan jangan sampai terlalu basah atau kering. Pastikan kelembaban bibit tauge selalu terjaga.

4. Jangan terlalu banyak menempatkan wadah plastik di tempat yang terbuka

Pastikan wadah plastik tidak terkena sinar matahari secara langsung sepanjang hari karena hal itu bisa membuat bibit tauge menjadi kering dan mati.

5. Gunakan air bersih dan steril

Pastikan juga bahwa air yang digunakan bersih dan steril untuk menghindari bibit tauge terkena bakteri dan penyakit.

6. Ragukan kebersihan peralatan dan wadah

Pastikan bahwa peralatan dan wadah yang kamu gunakan sudah bersih dan steril.

7. Hindari pemupukan yang terlalu berlebihan

Jangan terlalu banyak memberikan pupuk pada bibit tauge karena hal itu dapat membuat tauge mati.

8. Pastikan sinar matahari mencukupi

Pastikan bahwa bibit tauge Anda mendapat sinar matahari yang cukup agar bisa tumbuh dengan subur.

9. Perhatikan ketinggian tempat penanaman

Pastikan ketinggian tempat penanaman cocok dengan jumlah air yang Anda berikan ke bibit tauge.

10. Gunakan wadah yang tepat

Pastikan bahwa Anda menggunakan wadah yang tepat untuk menanam bibit tauge, misalnya wadah plastik yang tidak terlalu dalam dan memiliki banyak lubang pada bagian bawahnya agar air bisa mengalir dengan lancar.

Tembakkan semangatmu pada menanam tauge, coba langkah-langkahnya dan nikmati hasilnya. Tanaman ini mudah dan simple untuk ditumbuhkan di rumah, dan nikmati tauge sebagai makanan lezat dan bergizi dari kebun rumah Anda. Selamat tumbuh-tumbuhan!

Cara Menanam Tauge: Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

Tauge merupakan jenis tanaman yang sangat mudah untuk ditanam. Bahkan, dengan sedikit usaha, Anda bisa menanam tauge di rumah Anda sendiri tanpa harus membelinya di toko. Selain itu, tauge juga memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  1. Memiliki kandungan nutrisi yang tinggi
  2. Tauge mengandung vitamin C, vitamin E, serat, dan protein. Nutrisi ini sangat penting bagi tubuh manusia untuk menjaga kesehatan dan menjaga daya tahan tubuh. Dengan menanam tauge sendiri, Anda bisa memastikan tauge yang Anda konsumsi bebas dari zat kimia yang berbahaya, sehingga meningkatkan kualitas kesehatan Anda.

  3. Mudah ditumbuhkan
  4. Tauge memerlukan waktu yang sangat singkat untuk tumbuh. Tanaman ini hanya membutuhkan waktu sekitar 3-5 hari untuk bertunas dan siap dipanen. Selain itu, proses perawatan tauge juga sangat mudah, hanya membutuhkan air saja.

  5. Murah dan hemat
  6. Dengan menanam tauge sendiri, Anda bisa menghemat uang dari pembelian tauge di toko. Selain itu, tauge juga dapat dijadikan bahan makanan untuk segala jenis masakan.

Kekurangan

Selain memiliki banyak kelebihan, menanam tauge juga memiliki beberapa kekurangan, di antaranya adalah:

  1. Pendapatan yang tidak menentu
  2. Jika Anda menanam tauge untuk dijual, pendapatan yang dihasilkan tidak bisa dijamin. Hal ini disebabkan oleh fluktuasi harga dan persaingan pasar yang ketat.

  3. Bau yang kurang sedap
  4. Bau tauge yang cukup menyengat dapat mengganggu pernapasan dan menyebabkan ketidaknyamanan di lingkungan sekitar. Oleh karena itu, penting untuk menyediakan sistem ventilasi yang baik saat menanam tauge di rumah.

Secara keseluruhan, menanam tauge memiliki banyak kelebihan, seperti mudah ditumbuhkan dan kaya akan nutrisi, namun juga memiliki beberapa kekurangan, seperti pendapatan yang tidak menentu dan bau yang kurang sedap. Tetapi dengan perawatan dan manajemen yang baik, kekurangan tersebut bisa diatasi dan keuntungan menanam tauge bisa didapatkan dengan maksimal.

FAQ

1. Apa itu tauge?

Tauge adalah kacang hijau yang sudah berkecambah dan tumbuh hingga memiliki akar, daun, dan tangkai. Biasanya digunakan sebagai bahan makanan ala Asia.

2. Apa manfaat dari tauge?

Tauge diketahui memiliki kandungan nutrisi yang baik, seperti protein, serat, vitamin C, dan antioksidan. Konsumsi tauge juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular dan kanker.

3. Apakah sulit menanam tauge?

Tidak, menanam tauge sangat mudah dan tidak membutuhkan lahan yang luas. Kamu bisa menanamnya di dalam rumah dengan menggunakan alat khusus.

4. Apa alat yang diperlukan untuk menanam tauge?

Kamu memerlukan wadah, kain saring, biji kacang hijau, dan air.

5. Bagaimana cara menanam tauge di dalam rumah?

Siapkan wadah dan beri lapisan kain saring. Taburkan biji kacang hijau yang sudah direndam semalam. Siram biji dengan air dan biarkan hingga tumbuh daun.

6. Berapa waktu yang dibutuhkan untuk menanam tauge?

Waktu yang dibutuhkan untuk menanam tauge sekitar 3-5 hari.

7. Apakah tauge perlu cahaya matahari?

Tidak, tauge tidak perlu cahaya matahari untuk tumbuh. Kamu bisa menanamnya di tempat yang teduh.

8. Apakah tauge perlu diberi pupuk?

Tidak, tauge tidak memerlukan pupuk tambahan karena sudah cukup mengandung nutrisi.

9. Bagaimana cara merawat tauge?

Maintain kelembaban wadah dengan terus menyirami tauge setiap hari dan membersihkan kain saring jika sudah kotor.

10. Kapan waktu yang tepat untuk panen tauge?

Waktu yang tepat untuk panen tauge adalah ketika daun sudah cukup lebat dan berwarna kuning.

11. Apakah tauge bisa disimpan di dalam lemari es?

Ya, tauge bisa disimpan di lemari es selama 2 hari. Pastikan kamu membersihkan dan mengeringkan tauge terlebih dahulu.

12. Bagaimana cara memasak tauge?

Tauge bisa dimasak dengan cara direbus atau dijadikan bahan salad. Jangan lupa untuk membersihkan tauge terlebih dahulu.

13. Apakah tauge bisa menjadi makanan pendamping dalam hidangan?

Ya, tauge sering digunakan sebagai bahan pendamping dalam hidangan, seperti nasi goreng, mi goreng, atau cap cay.

Kesimpulan

Menanam tauge bisa menjadi pekerjaan yang sangat mudah jika kita tahu caranya. Sebelum menanam, pastikan kita sudah memilih kacang-kacangan yang berkualitas dan memiliki gizi yang cukup tinggi. Setelah itu, secara rutin airi biji kacang dan jangan lupa untuk membuang airnya. Pastikan juga tauge terpapar cahaya matahari yang cukup dan bibit tauge kita akan siap untuk dipanen dalam waktu singkat.

Penutup

Menanam tauge bisa menjadi hobi yang sangat menyenangkan dan menguntungkan. Selain mudah untuk ditanam, tauge juga sangat mengandung gizi dan bisa ditanam di mana saja. Jangan lupa untuk membeli biji tauge yang berkualitas agar kualitas tauge yang ditanam pun akan baik. Selamat menanam tauge!

Sampai jumpa di artikel selanjutnya!