Pohon Ketapang Kencana

Mungkin sebagian orang sudah mengetahui dari dulu bahwa pohon ketapang kencana memiliki manfaat yang sangat banyak. Mulai dari ujung akar sampai buahnya bisa dimanfaatkan dengan baik.

Bagi Anda yang belum mengetahuinya kami akan membagikan informasi menarik untuk Anda pada artikel ini. Sehingga Anda mungkin juga bisa mulai mencari dan mendapatkan khasiat serta manfaat dari pohon multiguna ini.

Untuk mengetahui manfaat dari pohon ketapang ini, akan kita ulas satu persatu dari bagian-bagian tanaman yang bisa dimanfaatkan.

  1. Daun

Gambar Daun Ketapang
amazon.com

Daun dari ketapang berbentuk oval dan memiliki ujung yang lancip. Daun ketapang biasanya berwarna hijau. Dan kita bisa memanfaatkan daun ini sebagai pewarna alami, ataupun sebagai tinta.

Selain itu daun ini juga bisa digunakan sebagai fungsi kesehatan. Kita bisa mengolah daun ini sebagai obat persedian ataupun obat rematik.

Tidak hanya itu, bagian daunya dapat juga dijadikan obat, jika dimasak dengan biji buah ketapang. Cara ini dianggap ampuh untuk mengobati berbagai penyakit kulit seperti lepra, kudus dan penyakit kulit lainnya.

Baca Juga : Bibit Trembesi

Dan bagi Anda yang sering mengalami sakit pada saat haid, terutama kram pada bagian perut kini Anda bisa mencoba meminum rebusan air dengan daun ini untuk meredakan kram pada perutnya.

Tidak cukup disitu rebusan daun ketapang juga bisa mengobati gejala stroke, stres, hipertensi (darah tinggi) dan juga penurunan daya ingat. Jika Anda rutin meminumnya setiap hari.

  1. Batang

Batang Pohon Ketapang
wikipedia.org

Ketapang memiliki tekstur batang yang kuat dan keras. Biasanya banyak yang menggunakan batang ketapang sebagai penutup lantai atau bisa disebut venir. Digunakan juga sebagai bahan pembuatan kayu, serta ramuan rumah.

Kulit luar batang atau papagan, juga bisa dijadikan obat disentri dan sariawan jika kita mengolah ya dengan daun dari ketapang. Juga sebagai diuretik, kardiotonik dan dipakai sebagai obat luar pada erupsi kulit.

  1. Biji Buah

Biji Buah Pohon Ketapang
wikimedia.org

Bahkan sampai ke biji buah ketapang ternyata juga bisa dimanfaatkan. Karena didalam biji buah ketapang terdapat cairan yang mengandung minyak (serupa minyak almond), sehingga biji buah ini bisa dimakan. Orang juga menggunakan minyak tersebut sebagai pengganti minyak almond.

Khasiat yang bisa kita dapat dari biji buah ketapang adalah untuk meredakan rongga perut. Atau bisa juga Anda gunakan untuk mengobati penyakit amandel.

Karena memiliki rasa yang serupa dengan almond, biji buah ketapang juga biasa digunakan sebagai bahan kue pengganti almond.

Gambar Pohon Ketapang
tradewindsfruit.com

Bahkan sudah ada seorang peneliti Ezeokonkwo dan Dodson pada tahun 2004. Mereka melakukan penelitian terhadap kandungan yang ada pada biji buah ketapang. Dan hasilnya kandungan di biji ketapang kaya akan protein, dan kadarnya cukup tinggi yaitu 25,81%.

Bukan hanya itu pada biji buah ketapang juga memiliki kandungan lain seperti asam amino, leusin, isoleusin, histidin dan tirosin.

Dan jika sudah dikeringkan dan diekstrak minyaknya, inti biji buah ketapang mengandung asam palmitat sebesar 55,5% dan asam oleat sebesar 23,3%, sisanya kandungan lainnya seperti asam stearat dan asam miristat.

Gambar Buah Ketapang
bukalapak.com

Itulah beberapa manfaat dari setiap bagian-bagian tanaman ketapang. Namun apabila tidak dipisah per bagian, tanaman ketapang ini secara keseluruhan bisa kita gunakan sebagai tanaman hias dengan nilai keindahan dan keunikan tersendiri.

Tanaman ketapang juga memiliki fungsi sebagai peneduh karena tajuknya yang berlapis. Sehingga banyak juga yang menanamnya sebagai tanaman peneduh untuk pinggir jalan, ataupun taman.

Itulah beberapa manfaat dari pohon ketapang kencana. Jika Anda ingin membeli bibit dan pohon ini Anda bisa kunjungi www.grosirbibittanaman.co.id.

Semoga ulasan kami Ini bermanfaat untuk Anda yang sedang hobi menanam. Mari kita cintai lingkungan dengan melestarikan tanaman serta semangat untuk merawatnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *