Tanaman Herbal dan Khasiatnya

Tanaman Herbal - Tanaman Herbal dan Khasiatnya

Beragam jenis tanaman memang banyak kita temui, apalagi untuk jenis tanaman hias. Selain tanaman hias, kita juga dapat menanam berbagai macam tanaman-tanaman herbal yang tentunya memiliki banyak manfaat bagi keluarga kita. Contohnya saja tanaman herbal seperti Basil, Cilantro, Lavender dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tanaman Herbal - Tanaman Herbal dan Khasiatnya

Menanam tanaman di halaman atau dipekarangan rumah memang bukan hanya sekedar tanaman hijau atau tanaman berbunga saja. Kita juga dapat menanam berbagai jenis tanaman yang bermanfaat untuk kesehatan kita dan keluarga serta juga dapat menjadi penghias halaman agar lebih terlihat indah dan asri. Langsung saja kita simak ulasan 7 jenis tanaman herbal kebun dapur yang memiliki banyak manfaat dibawah ini.

1. Basil / Kemangi

Gambar Tanaman Herbal Kemangi - Tanaman Herbal dan Khasiatnya

Jenis tanaman herbal kebun dapur yang bermanfaat untuk keluarga anda yang pertama adalah Basil atau Kemangi. Tanaman yang satu ini atau daun yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda. Selain dikenal akan harum dan rasanya, daun kemangi yang sudah kering juga sangat cocok untuk menambah citarasa masakan anda.

Selain itu, Basil atau Kemangi juga dapat digunakan untuk obat, anti oksidan dan pengusir serangga seperti lalat dan nyamuk. Sedangkan Basil juga memiliki kandungan vitamin A, K dan C serta kandungan kalsium serta zat besi yang sangat baik bagi tubuh kita.

2. Lavender

Gambar Tanaman Herbal Lavender - Tanaman Herbal dan Khasiatnya

Kedua yakni Lavender. Tanaman herbal yang satu ini juga dapat digunakan untuk mengusir serangga seperti lalat dan juga nyamuk. Lavender juga dikenal sebagai tanaman herbal serba guna, karena mampu menghasilkan minyak ketika disuling dan dapat juga digunakan sebagai pelengkap bumbu untuk membuat kue.

Jenis tanaman herbal yang satu ini dapat anda tanam di luar rumah, seperti halaman belakang atau depan. Dan alangkah baiknya jika ditanam didalam pot dan digantung, karena Lavender sangat tidak tahan akan kelembaban yang berlebihan. Tanaman ini juga memiliki warna ungu yang indah jika dipandang.

3. Cilantro / Ketumbar

Gambar Tanaman Herbal Ketumbar - Tanaman Herbal dan Khasiatnya

Jenis tanaman herbal yang satu ini memiliki kandungan anti oksidan vitamin C yang cukup tinggi atau setara dengan vitamin dan juga mineral. Disamping itu, tanaman ini juga baik untuk pencernaan dan dapat mengurangi peradangan yang disebabkan oleh gas yang ada pada lambung. Banyak sekali manfaat dari tanaman herbal yang satu ini.

Biji ketumbar juga diketahui mempunyai dampak yang baik pada gula darah dan mengurangi stress pada hati dan pankreas yang memproduksi insulin sehingga menjadi lebih baik dan pencernaan juga akan lancar.

4. Mint

Gambar Tanaman Herbal Mint - Tanaman Herbal dan Khasiatnya

Keempat ada Mint. Jenis tanaman herbal yang satu ini juga memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah dapat mengusir berbagai macam hama seperti tikus, semut serta laba-laba. Anda dapat menanam tanaman herbal yang satu ini di sekitar rumah untuk menjaga area halaman atau taman anda dari serangan tikus atau hewan-hewan lainnya.

Selain bermanfaat untuk mengusir segala macam hama, tanaman mint ini juga bermanfaat untuk meredakan sinus, pusing, dan menjaga agar pikiran menjadi rileks yaitu dengan cara menyeduh teh dengan dicampur daunnnya. Lalu minyak mint juga sangat baik untuk pencernaan dan juga kram ketika menstruasi.

5. Rosemary

Gambar Tanaman Herbal Rosemary - Tanaman Herbal dan Khasiatnya

Sama halnya dengan mint, jenis tanaman herbal ini juga sangat cocok untuk mengusir hama seperti nyamuk ,lalat dan jenis serangga lainnya, bahkan kucing pun sangat tidak menyukai aroma tanaman yang satu ini. Merupakan jenis tanaman herbal alami yang juga kuat untuk memperlancar pencernaan dan menghilangkan aroma tidak sedap dari mulut kita.

Minyak Rosemary juga dikenal cukup baik untuk membantu pertumbuhan rambut, menghilangkan ketombe dan meredakan iritasi pada kulit. Aroma tumbuhan herbal yang satu ini juga dapat menjernihkan atau membuat pikiran kita menjadi rileks.

6. Lemon Balm

Gambar Tanaman Herbal Lemon Balm - Tanaman Herbal dan Khasiatnya

Lemon Balm ini masih dalam keluarga mint. Jenis tanaman herbal ini juga cukup mudah tumbuh dan tentunya memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan. Daun ini juga mampu untuk meredakan stress dan rasa gugup. Selain itu kalian juga dapat menggunakannya untuk meredakan rasa sakit pada perut dan memperlancar pencernaan.

Dapat juga digunakan untuk campuran teh yang berguna untuk menjernihkan pikiran dan meningkatkan kewaspadaan. Jika kalian menambahkan lemon balm ini ke dalam salad kabarnya mampu memberikan kesegaran citrus.

7. Parsley / Peterseli

Gambar Tanaman Herbal Peterseli - Tanaman Herbal dan Khasiatnya

Jenis tanaman herbal ini juga dikenal sebagai tanaman anti bakteri yang mampu menambahkan sistem imun serta menetralkan bau nafas. Masuk dalam kategori tanaman anti

oksidan dan antiinflamasi yang kuat, Parsley ini juga sangat bagus untuk pencernaan dan detokfikasi. Namun, wanita yang sedang hamil lebih dijauhkan dari tanaman yang satu ini karena mampu menginduksi kontraksi rahim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *