Tanaman Hias Akar

Gambar Tanaman Hias Akar

Merawat tanaman hias bagi sebagian orang, khususnya pecinta tanaman hias memang sangatlah menyenangkan, terlebih lagi tanaman hias tersebut merupakan tanaman kesukaan. Di Indonesia, ada beragam jenis tanaman hias yang tersebar luas. Salah satunya adalah jenis tanaman hias akar yang populer dan banyak dikenal adalah Kamboja/Adenium dan Beringin.

Tanaman hias akar ini merupakan jenis tanaman yang memiliki keindahan dari segi akar dan juga keunikan tanaman itu sendiri. Biasanya jenis tanaman hias akar ini sering dipajang untuk menghiasi teras depan rumah atau pekarangan rumah. Keindahan serta keunikan tanaman hias akar ini juga bisa kita set up agar terlihat lebih menarik dipandang.

Pada pembahasan kali ini kami akan membahas mengenai 2 jenis tanaman hias akar yang populer, yakni Beringin dan juga Kamboja/Adenium. Sebenarnya bukan hanya ini saja yang masuk dalam kategori tanaman hias akar, masih banyak jenis lain yang bisa kita kategorikan dalam tanaman hias akar. Nah langsung saja kita simak ulasan mengenai jenis tanaman hias akar yang populer dibawah ini.

1. Kamboja / Adenium

Gambar Tanaman Hias Akar Kamboja
Gambar Tanaman Hias Akar Kamboja

Tanaman hias yang satu ini merupakan tanaman yang masuk dalam sekelompok tumbuhan Plumeria. Kamboja atau Adenium ini berupa pohon kecil yang memiliki daun tebal namun daun tersebut sangat jarang. Wangi bunganya juga cukup harum dan sangat khas. Mahkota bunga ini juga berwarna putih, merah dan keungu-unguan.

Tanaman hias akar yang memiliki bunga kamboja ini juga sering dikait kaitkan dengan sosok mahluk halus atau bisa dikatakan memiliki kekuatan ghaib. Jenis akar pohon yang satu ini yaitu berjenis serabut dan memiliki tekstur bunga yang tidak terlalu halus juga tidak terlalu kasar. Kamboja atau Adenium ini masuk dalam klasifikasi :

  • Kerajaan : Plantae
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Gentianales
  • Family : Apocynaceae
  • Genus : Plumeria Acumianata

Tumbuhan yang satu ini bukan berasal dari Indonesia melainkan dari Amerika Tengah. Walaupun bukan berasal dari Indonesia, jenis tanaman hias yang satu ini sangatlah populer di Bali, karena hampir setiap sudut kampung terdapat tanaman hias Kamboja ini. Selain itu, tanaman ini juga memiliki fungsi yang cukup penting untuk kebudayaan disana.

Kamboja atau Adenium ini juga merupakan tanaman yang memiliki keunikan pada akar dan juga bonggolnya sehingga tidak heran jika banderol jenis tanaman hias akar yang satu ini memang cukup mahal.

2. Beringin

Gambar Tanaman Hias Akar Beringin
Gambar Tanaman Hias Akar Beringin

Beringin masuk dalam klasifikasi Ilmiah:

  • Kerajaan : Plantae
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Urticales
  • Family : Moraceae
  • Genus : Ficus
  • Upagenus : Conosycea
  • Species : F. Benjamina
  • Nama Binomial : Ficus Benjamina

Selain Kamboja atau Adenium, jenis tanaman hias akar yang populer selanjutnya adalah Beringin. Jenis tanaman hias yang satu ini juga sering dikenal dengan nama Waringin yang mana merupakan tumbuhan pekarangan dan tumbuhan hias yang dapat kita rawat didalam pot. Saat ini juga telah dikembangkan sebagai tanaman hias berdaun loreng yang dapat kita letakan didalam ruangan untuk menghiasi setiap sudut ruangan tertentu.

Selain itu, Beringin juga sering digunakan oleh para pecinta tanaman hias sebagai objek bonsai. Beringin memiliki akar yang menjulur dari atas hingga ke bawah yang mana menjadikan akar pohon yang satu ini sebagai ciri khas yang unik dan indah bagi mereka yang memiliki jiwa seni khusus dalam mendesain atau menata akar-akar tersebut.

Nah, itulah sekilas info mengenai jenis tanaman hias akar yang populer. Seperti yang sudah kami sampaikan diatas, sebenarnya masih banyak beragam jenis tanaman yang masuk dalam kategori tanaman hias berbentuk akar, tidak hanya Beringin dan juga Kamboja saja.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua para pecinta tanaman hias, sekian dan terima kasih.

Pencarian terbaru:

  • macam macam tanaman hias akar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *