Tanaman Hidroponik

Gambar Tanaman Hidroponik

Kini ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat tanaman yang kita tanam bebas dari pestisida. Cara yang bisa anda gunakan adalah dengan cara menanam tanaman hidroponik.

Gambar Tanaman Hidroponik Cabe
Gambar Tanaman Hidroponik Cabe

Tanaman hidroponik adalah cara menanam tanaman dengan menggunakan media air. Anda tidak membutuhkan lahan yang luas, anda hanya memerlukan air.

Pengertian dari media tanam hidroponik ini adalah budidaya tanaman dengan menggunakan air, yang diberi nutrisi hidroponik dan tidak menggunakan tanah. Hal itu menjadi parameter tersendiri dalam pemberian nutrisi, pengendalian hama yang mengganggu, dan pencahayaan yang cukup dalam mengelola tanaman tersebut.

Gambar Tanaman Hidroponik di Rumah
Gambar Tanaman Hidroponik di Rumah

Cara menanam tanaman dengan cara hidroponik ini terbilang lebih praktis, dan tentunya lebih ramah lingkungan.

Tanaman yang dihasilkan juga akan lebih baik kualitasnya, tanpa bantuan bahan kimia, dan tanaman yang dihasilkan juga lebih sehat. Perkembangan tanamannya juga 50% lebih cepat karena tanaman mendapat makanan langsung dari air.

Gambar Tanaman Hidroponik
Gambar Tanaman Hidroponik

Cara Menanam Tanaman Hidroponik

Banyak orang yang memilih media tanam satu ini untuk menanam hidroponik sayuran, karena dengan begitu sayuran yang dikonsumsi akan menjadi lebih sehat.

Air yang digunakan dalam media hidroponik ini kaya akan nutrisi. Sehingga untuk membuat nutrisi hidroponik ini, anda hanya memerlukan air dalam jumlah banyak dan tentunya bersih.

Gambar Tanaman Hias Hidroponik dalam Ruangan
Gambar Tanaman Hias Hidroponik dalam Ruangan

Lalu, bagaimana cara membuat teknik hidroponik yang baik?

Anda bisa melakukan beberapa cara budidaya tanaman hidroponik dengan mencoba menanam tanaman hidroponik sayuran dalam beberapa cara berikut ini :

  1. Langkah pertama adalah menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu seperti botol plastik mineral, gelas plastik air mineral, jerigen plastik bekas minyak, kain untuk sumbu, nutrisi hidroponik, media tanam yang diperlukan seperti rockwool, arang sekam, kerikil, pasir malang, dan pecahan bata merah.
  2. Botol yang telah anda siapkan tadi belah menjadi 2 bagian yaitu di bagian bawah dan di bagian atas.
  3. Lalu lubangi botol yang di bagian atas untuk memasang sumbu yang fungsinya adalah untuk aliran udara.
  4. Pasanglah sumbu di botol bagian bawah.
  5. Kemudian isi botol bagian atas dengan media tanam, bisa dengan media tanam sekam, rockwool, atau bisa juga dengan pecahan bata merah. Media tanamnya bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan atau yang paling mudah dicari. Karena fungsi dari media tanam ini ialah hanya untuk pijakan akar bibit agar tanaman tidak rebah.
  6. Lalu tanam bibit sayurannya sekitar 2 sampai 3 bibit saja.
  7. Langkah terakhir simpanlah tanaman hidroponik tersebut di tempat yang tidak terkena air hujan, dan jangan dulu disimpan di tempat yang terkena matahari secara langsung.
Gambar Tanaman Hidroponik
Gambar Tanaman Hidroponik

Untuk jenis tanaman hidroponik yang menggunakan sayuran sebaiknya gunakan beberapa jenis sayuran seperti sawi, tomat, cabe, selada, kacang, bayam dan lain sebagainya. Memang tanam sayur dengan menggunakan sistem hidroponik akan lebih mudah dan hasilnya juga lebih cepat tumbuh, dengan kualitas yang bagus.

Jenis sayuran yang telah disebutkan tadi merupakan jenis sayuran yang waktu tumbuhnya lebih cepat, dibanding jenis sayuran lainnya. Cara tanam hidroponik baik untuk menanam sayuran maupun untuk tanam bunga, memang merupakan cara yang sangat praktis dan efisien dan sangat memudahkan bagi anda yang tidak memiliki lahan yang luas di rumah.

Contoh Tanaman Hidroponik di Rumah yang Cepat Tumbuh

Gambar Tanaman Hidroponik Cabe
Gambar Tanaman Hidroponik Cabe

Tanaman Hidroponik Cabe

Cabe adalah salah satu jenis sayuran yang paling banyak digemari oleh orang-orang Indonesia. dengan harganya yang terkadang naik dan turun maka kini banyak orang yang memilih untuk menanam cabe sendiri.

Bagi anda yang sedang belajar hidroponik, maka Anda bisa melakukan cara sederhana menanam tanaman hidroponik cabe ini.

Caranya sangat mudah, diantaranya yaitu :

  1. Pilih benih cabe yang baik.
  2. Semai benih cabe.
  3. Siapkan media tanam untuk hidroponik.
  4. Lakukan penanaman bibit cabe hidroponik.
  5. Beri nutrisi hidroponik untuk tanaman cabe tersebut.
  6. Pelihara tanaman cabe hidroponik dengan baik.

Bagaimana, mudah bukan cara menanam cabe secara hidroponik?

Gambar Tanaman Hidroponik Kangkung
Gambar Tanaman Hidroponik Kangkung

Tanaman Hidroponik Kangkung

Tanaman kangkung adalah jenis tanaman sayuran yang bisa ditanam dengan media hidroponik, kangkung adalah tanaman air yang dapat ditanam di media yang kering atau dengan media hidroponik dan menanam dengan cara biasa di halaman rumah. Cara menanam dengan hidroponik merupakan cara yang sangat pas dalam menanam kangkung.

Bimbingan cara bertanam hidroponik dengan sederhana bisa diaplikasikan pada cara menanam sayuran kangkung ini. Berikut langkah-langkah yang perlu anda lakukan dalam menanam kangkung dengan cara hidroponik. Diantaranya yaitu :

  1. Mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu.
  2. Melakukan penanaman kangkung.
  3. Melakukan pemeliharaan pada tanaman hidroponik
  4. Saatnya panen tanaman kangkung. Mudah bukan?
Gambar Tanaman Hidroponik Sawi
Gambar Tanaman Hidroponik Sawi

Tanaman Hidroponik Sawi

Bagi anda penyuka sayuran pasti sudah tidak asing lagi dengan sayuran sawi, ada 2 jenis sawi yang sering dikonsumsi oleh banyak orang yaitu sawi hijau dan sawi putih. Menanam sawi dengan metode hidroponik, bisa anda lakukan sendiri di rumah. Tanaman sawi bisa menjadi salah satu pilihan tanaman sayur di rumah, yang ditanam dengan cara hidroponik.

Menanam sayuran yang satu ini bisa dengan memanfaatkan botol bekas, karena cara menanam tanaman sawi ini merupakan jenis tanaman hidroponik dengan botol yang menggunakan sumbu sebagai media tanamnya. Berikut langkah-langkah tepatnya dalam menanam sawi dengan hidroponik :

  1. Persiapkan alat dan bahan untuk media hidroponik.
  2. Melakukan proses pembibitan dengan menggunakan cara semai benih.
  3. Melakukan proses pembuatan media tumbuh tanaman.
  4. Melakukan pemindaian benih sawi.
  5. Melakukan perawatan dan pemeliharaan pada tanaman sawi.
  6. Tibalah masa panen pada tanaman sawi ini.
Gambar Tanaman Hidroponik Tomat
Gambar Tanaman Hidroponik Tomat

Tanaman Hidroponik Tomat

Tanaman hidroponik tomat dapat tumbuh di dalam nutrisi selain tanah, nutrisi adalah kandungan yang dibutuhkan oleh tanaman agar tanaman bisa tumbuh dengan baik. Kini banyak petani yang menggunakan media hidroponik untuk menghindari gulma, hama dan serangan serangga pada tanaman tomat mereka.

Cara menanam tomat hidroponik tentunya tidaklah sulit, caranya kurang lebih sama dengan cara menanam tanaman lainnya. Cara menanam tomat yang baik bisa dilakukan dengan menggunakan pot, ataupun polybag. Berikut ini beberapa langkah dalam cara menanam tomat dalam pot :

  1. Melakukan penyemaian bibit tomat terlebih dahulu.
  2. Menggunakan media tanam bibit tomat.
  3. Proses melakukan penanaman tomat.
  4. Mengecek benih tomat dengan rutin.
  5. Menyiram tanaman tomat hidroponik dengan rutin.
  6. Saatnya masa panen.
  7. Mengendalikan serangan hama.
  8. Memberi nutrisi pada tanaman tomat.
Gambar Tanaman Hidroponik Buah
Gambar Tanaman Hidroponik Buah

Tanaman Hidroponik Buah Buahan

Bukan hanya sayuran tetapi tanaman buah-buahan juga bisa ditanam dengan cara hidroponik, anda bisa menggunakan teknik hidroponik sederhana dalam menanam tanaman buah-buahan tersebut. beberapa jenis tanaman buah-buahan yang bisa ditanam dengan cara hidroponik diantaranya yaitu :

  1. Tanaman buah strawberry
  2. Tanaman buah blueberry
  3. Tanaman buah pir
  4. Tanaman buah alpukat
Gambar Tanaman Hidroponik Selada
Gambar Tanaman Hidroponik Selada

Tanaman Hidroponik Selada

Selada juga merupakan salah satu jenis sayuran yang paling banyak ditanam dengan menggunakan metode hidroponik.

Karena cara penanamannya sangat simpel, mudah dan juga praktis. Apalagi sayuran ini juga merupakan jenis sayuran yang disukai oleh banyak orang.

Cara menanam tanaman selada dengan hidroponik diantaranya yaitu :

  1. Persiapan awal adalah dengan menyiapkan media tanam dan jenis bibit terlebih dahulu.
  2. Kemudian lakukan penyemaian bibit tanaman.
  3. Lalu mulai melakukan penanaman tanaman sayuran selada.
  4. Melakukan perawatan tanaman hidroponik
Gambar Tanaman Hidroponik Bayam
Gambar Tanaman Hidroponik Bayam

Tanaman Hidroponik Bayam

Sayuran bayam juga merupakan jenis sayuran yang banyak dikonsumsi oleh orang Indonesia. tak heran jika sekarang banyak yang menanam tanaman bayam sendiri di rumah, dengan cara hidroponik. Cara membuat hidroponik tanaman bayam ini mudah, tetapi proses-prosesnya harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar.

Bayam yang ditanam dengan cara hidroponik biasanya memang lebih praktis, apalagi anda tidak akan membutuhkan lahan yang luas. Anda bisa menanam tanaman bayam dengan cara hidroponik ini di pekarangan rumah anda. Metode yang bisa anda gunakan dalam menanam tanaman bayam dengan hidroponik, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Sebaiknya anda menggunakan pupuk pada media tanam air di tanaman bayam anda.
  2. Anda juga bisa menggunakan metode walter culture.
  3. Atau yang lebih populer lagi anda bisa menggunakan metode nutrient film technique.
Gambar Tanaman Hidroponik Kacang Panjang
Gambar Tanaman Hidroponik Kacang Panjang

Tanaman Hidroponik Kacang Panjang

Sayuran kacang panjang ternyata juga bisa ditanam dengan cara hidroponik, menanam kacang panjang menggunakan metode yang satu ini biasanya akan menghasilkan jenis kacang panjang yang berkualitas baik. Sebelum mulai menanam pastikan anda sudah memilih bibit kacang panjang, yang baik dan berkualitas unggul.

Cara menanam kacang panjang dengan cara hidroponik diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Rendam bibit kacang panjang yang sudah dipilih di dalam air selama 2 jam.
  2. Mengecek tempat penyemaian bibit secara rutin.
  3. Memberikan nutrisi yang baik untuk kacang panjang jika tanaman sudah mulai tumbuh sedikit.
  4. Kacang panjang sudah bisa dipanen setelah 3 bulan ditanam.
  5. Melakukan perawatan dengan memberi nutrisi dan meletakkan tanaman di tempat yang terkena cahaya matahari secara langsung.
Gambar Tanaman Hidroponik Seledri
Gambar Tanaman Hidroponik Seledri

Tanaman Hidroponik Seledri

Seledri merupakan salah satu jenis sayuran yang biasanya menjadi pelengkap di suatu masakan. Selain itu seledri juga biasa digunakan sebagai bahan obat herbal alami, selain menggunakan polybag cara menanam seledri ini juga bisa menggunakan metode hidroponik. Yang biasanya menggunakan bak dan sistem rakit apung.

Berikut ini cara menanam selederi dengan menggunakan media hidroponik :

  1. Lakukan penyemaian bibit terlebih dahulu.
  2. Melakukan proses menanam seledri.
  3. Melakukan perawatan tanaman hidroponik seledri dengan mengendalikan serangan hama.
  4. Waktunya menikmati hasil panen.
Gambar Tanaman Hidroponik Brokoli
Gambar Tanaman Hidroponik Brokoli

Tanaman Hidroponik Brokoli

Menanam tanaman dengan hidroponik sedang menjadi tren karena makan makanan sehat seperti sayuran atau buah-buahan organik juga sedang menjadi tren. Termasuk cara menanam sayuran brokoli, kini bisa dilakukan dengan cara hidroponik. Proses penanaman brokoli dengan hidroponik, memiliki kelebihan sendiri dibanding metode yang biasa.

Berikut ini cara menanam tanaman brokoli dengan menggunakan metode hidroponik, diantaranya yaitu :

  1. Melakukan pemilihan bibit dengan cara yang benar, sebaiknya pilih bibit yang berkualitas.
  2. Mempersiapkan bahan dan alat yang diperlukan.
  3. Mempersiapkan media tanam.
  4. Mulai melakukan proses penanaman bibit.
  5. Melakukan proses perawatan tanaman brokoli.
  6. Masa panen tiba.
Gambar Tanaman Hidroponik Bawang Merah
Gambar Tanaman Hidroponik Bawang Merah

Tanaman Hidroponik Bawang Merah

Bukan hanya tanaman sayuran saja, tetapi anda juga bisa menanam tanaman bumbu dapur seperti misalnya bawang merah. Bawang merah biasanya digunakan sebagai penyedap rasa suatu masakan, walaupun masih banyak manfaat bawang lainnya. Kini menanam bawang bisa dengan menggunakan media hidroponik, tidak harus selalu dengan media tanah saja.

Namun jika anda memilih hidroponik dalam menanam tanaman bawang merah ini, sebaiknya anda menggunakan botol air mineral bekas. Cara melakukan penanaman dengan hidroponik pada bawang merah ini, bisa dilakukan dengan cara berikut :

  1. Menyiapkan bahan apa saja yang harus disiapkan.
  2. Persiapan penanaman tanaman bawang merah.
  3. Menyiapkan media tanam yang tepat.
  4. Menyiapkan bibit bawang merah.
  5. Melakukan proses penanaman tanaman hidroponik bawang merah, sekaligus dengan perawatannya untuk hasil yang maksimal.
Gambar Tanaman Hidroponik Wortel
Gambar Tanaman Hidroponik Wortel

Tanaman Hidroponik Wortel

Siapa yang tidak suka wortel? Hampir semua orang suka dengan sayuran wortel.

Bahkan bagi yang tidak suka sayuran pun, wortel biasanya akan menjadi pilihan. Penanaman wortel menggunakan hidroponik termasuk yang cara perawatannya mudah.

Nutrisi yang dibutuhkan pun tidak begitu banyak dan sangat beragam.

Cara menanam sayuran wortel dengan menggunakan hidroponik diantaranya yaitu :

  1. Persiapan awal yaitu dengan menyiapkan alat dan bahan, serta menyediakan media tanam yang tepat.
  2. Melakukan penyemaian benih.
  3. Melakukan proses penanaman.
  4. Melakukan perawatan pada tanaman wortel.
Gambar Tanaman Hidroponik Jahe
Gambar Tanaman Hidroponik Jahe

Tanaman Hidroponik Jahe

Jahe memiliki banyak manfaat, bisa digunakan sebagai bumbu masak, atau bisa juga sebagai bahan herbal obat alami. Penanaman jahe juga bisa menggunakan metode hidroponik, berikut ini beberapa cara menanam cahe dengan hidroponik yang cocok untuk pemula :

  1. Memilih bibit jahe yang berkualitas.
  2. Menyemai bibit jahe.
  3. Pembesaran bibit jahe.
  4. Melakukan perawatan dan pemeliharaan pada tanaman jahe.
  5. Masa panen tiba.
Gambar Tanaman Hidroponik Kemangi
Gambar Tanaman Hidroponik Kemangi

Tanaman Hidroponik Kemangi

Kemangi biasa digunakan sebagai pewangi atau penyedap rasa di suatu masakan. Budidaya kemangi dengan skala kecil bisa dilakukan dengan cara hidroponik. Bagi anda yang ingin berbudidaya kemangi dengan hidroponik, simak ulasan berikut :

  1. Mempersiapkan media tanamnya terlebih dahulu.
  2. Melakukan proses penanaman.
  3. Melakukan perawatan tanaman kemangi hidroponik.
Gambar Tanaman Hidroponik Kentang
Gambar Tanaman Hidroponik Kentang

Tanaman Hidroponik Kentang

Kentang bisa menjadi sumber karbohidrat pengganti nasi atau beras, kini anda bisa menanam atau berbudidaya kentang dengan menggunakan metode hidroponik. Karena penanamannya cenderung praktis, dan kentang biasanya akan tumbuh dengan cepat. Berikut beberapa cara penanamannya :

  1. Persiapkan bahan dan alat yang diperlukan.
  2. Masukkan umbi kentang ke dalam botol air mineral bekas misalnya.
  3. Letakkan wadah atau botol di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung agar daun dan batangnya cepat tumbuh.

Bagi anda yang tertarik dengan penanaman tanaman secara hidroponik ini, sebaiknya kunjungi rumah hidroponik. Di sana terdapat beragam info tentang hidroponik, dan tempat yang sangat tepat bagi anda yang sedang mencari tempat atau toko online yang jual peralatan hidroponik. Sehingga anda tak perlu sulit mencari.

Untuk pemberian nutrisi pada tanaman hidroponik anda, sebaiknya pilih jenis nutrisi yang tepat dan berkualitas untuk pertumbuhan tanaman tersebut. Seperti misalnya nutrisi hidroponik, yang dapat membantu tanaman hidroponik anda tumbuh dengan baik.

2 Replies to “Tanaman Hidroponik”

  1. terima kasih informasi tanaman hidroponik, sangat bermanfaat, dan dimana untuk mendapatkan perlengkapan untuk bahan media menanam tanaman hidrophonik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *